• Senin, 27 Juni 2022

Problematika Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi

- Jumat, 25 Maret 2022 | 13:46 WIB
Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk membantu proses pembelajaran jarak jauh menjadi lebih efektif adalah dengan memanfaatkan teknologi sebagai media
Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk membantu proses pembelajaran jarak jauh menjadi lebih efektif adalah dengan memanfaatkan teknologi sebagai media

BERITA NUSRA-- Pendidikan merupakan keseluruhan proses di mana seseorang mengembangkan kemampuan, sikap, dan bentuk-bentuk tingkah laku yang bernilai positif (Basar, 2021). Pendidikan di Indonesia sampai saat ini masih menemui banyak permasalahan-permasalahan yang dapat menghalangi tercapainya tujuan pendidikan itu sendiri.

Permasalahan Pendidikan yang sedang dihadapi oleh Indonesia saat ini merupakan dampak dari mewabahnya virus Covid-19 sejak akhir tahun 2019 lalu. Untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 ini, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya, seperti mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) hingga pemberlakuan lockdown di seluruh wilayah di Indonesia.


Sebagai tindak lanjut terhadap arahan pemerintah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 24 Tahun 2020 yang berisikan arahan pembelajaran jarak jauh yang diharuskan dari rumah atau secara daring (dalam jaringan) baik dari jenjang Pendidikan Dasar sampai Perguruan Tinggi. Menurut Permendikbud Nomor 119 Tahun 2014, Pendidikan Jarak Jauh yang selanjutnya disebut PJJ adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui penerapan prinsip-prinsip teknologi pendidikan/pembelajaran.

Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk membantu proses pembelajaran jarak jauh menjadi lebih efektif adalah dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, seperti Whatsapp Group, Google Classroom, Telegram, E-Learning, Edmodo, Zoom, Google Meet maupun platform-platform lainnya (Habibah et al., 2020).


Pada kenyataannya, pembelajaran jarak jauh tidak selalu terlaksana dengan baik. Hal ini dikarenakan kurangnya sarana-prasarana yang mendukung pembelajaran jarak jauh. Salah satu masalah yang muncul pada saat pembelajaran jarak jauh adalah berkurangnya motivasi belajar peserta didik. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Cahyani (2020). Dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa motivasi belajar peserta didik menurun selama pembelajaran daring.

Selain itu, lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik itu sendiri juga mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Banyak permasalahan yang muncul pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh sehingga menyebabkan kualitas pendidikan di Indonesia mengalami penurunan selama masa pandemi (Masyithoh & Arfinanti, 2021). Maka dari itu, pemerintah Indonesia mulai mengatur strategi supaya pembelajaran dapat dilaksanakan secara tatap muka.


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022. Pembelajaran tatap muka ini dilakukan secara terbatas atau lebih dikenal dengan singkatan PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas). PTMT ini mulai diberlakukan pada tahun 2021 dengan kapasitas 50% dari jumlah keseluruhan warga sekolah dengan syarat sekolah harus tetap menerapkan protocol Kesehatan yang ketat bagi seluruh warga sekolah. Muncul sebuah pertanyaan setelah PTMT ini dilakukan. Apakah setelah PTMT sekarang ini motivasi belajar peserta didik akan semakin meningkat? Inilah yang menjadi persoalan utama yang harus mendapat perhatian lebih semua pihak, baik dari pihak dinas pendidikan, sekolah, guru bahkan peserta didik itu sendiri.


Bagaimana strategi kita sebagai seorang pendidik agar mampu menciptakan kodisi pembelajaran yang kondusif selama PTMT sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Motivasi berasal dari kata “motif” yang artinya segala sesuatu yang mendorong seseorang dalam bertindak untuk melakukan suatu hal. Motif didefinisikan sebagai daya penggerak dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu demi mencapai suatu tujuan (Sardiman, 2018). Motivasi belajar adalah dorongan baik internal atau ekternal yang membuat seseorang bertindak dalam rangka mencapai tujuan yaitu hasil belajar yang maksimal. Belajar dan motivasi memiliki keterkaitan yang sangat erat, motivasi akan mendorong hasil belajar menjadi lebih baik (Setiawan, 2017).

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X