• Selasa, 29 November 2022

Ansy Lemusai Minta PTPN Selektif Dalam Kerjasama Agrowista Demi Lindungi Flora dan Fauna

- Kamis, 29 September 2022 | 19:25 WIB
Ansy Lema menegaskan agar PTPN lebih selektif menentukan mitra sebagai pihak ketiga yang akan membangun agrowisata di lahan-lahan PTPN
Ansy Lema menegaskan agar PTPN lebih selektif menentukan mitra sebagai pihak ketiga yang akan membangun agrowisata di lahan-lahan PTPN

Beritanusra.com (Jakarta) -- Anggota Komisi IV DPR RI Yohanis Fransiskus Lema menyoroti keputusan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) dalam menyeleksi pihak ketiga untuk menjalin kerja sama agrowisata. Dirinya menilai pengelolaan agrowisata, terutama di Kabupaten Bandung, jauh dari semangat konservasi alam sekaligus pemberdayaan komunitas.

 

“Pariwisata (agrowisata) ini yang jauh dari semangat kearifan lokal, menjauh dari semangat konservasi, menjauh dari semangat pemberdayaan komunitas. Karena itu, teman-teman (para Anggota Komisi IV) merasa PTPN dalam melakukan kerja sama dengan pihak ketiga ini tidak memiliki suatu konsep atau bahkan blueprint agrowisata,” ungkap Ansy Lemusai Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/09).

Anggota Fraksi PDI-Perjuangan DPR RI itu turut menyayangkan sikap para pengusaha yang berinvestasi di bidang agrowisata belum memiliki konsep yang kokoh dan visioner, sehingga merusak hayati setempat.

Baca Juga: Komisi IV DPR RI Minta Pemerintah Lebih Jeli kelola Sistem Kedaulatan Pangan Nasional

Walaupun harus tetap mempertimbangkan profit oriented, terangnya, Indonesia juga memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang harus dilindungi demi kemaslahatan segenap bangsa Indonesia.

Ansy Lema menegaskan agar PTPN lebih selektif menentukan mitra sebagai pihak ketiga yang akan membangun agrowisata di lahan-lahan PTPN.

Ia juga  mendorong PTPN juga lebih tekun sekaligus berhati-hati menyisir rekam jejak para pengusaha yang ingin bekerja sama di bidang agrowisata.

Baca Juga: Sebanyak 79 Warga Diduga Keracunan Gas, Komisi VIII DPR RI Minta PT SMGP Berhenti Operasional

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X