• Senin, 3 Oktober 2022

Sebanyak 40.439 ekor hewan ternak Di Aceh Sudah Bebas Wabah PMK

- Senin, 8 Agustus 2022 | 20:00 WIB
Sebanyak 40.439 ekor hewan ternak yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK)
Sebanyak 40.439 ekor hewan ternak yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK)

beritanusra.com -- Sebanyak 40.439 ekor hewan ternak yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Aceh dinyatakan sembuh. Laporan ini datang dari Satuan Tugas Banops Aman Nusa II, tim yang menangani wabah PMK di Aceh.

Hal itu disampaikan oleh Kasatgas Banops Aman Nusa II Kombes. Pol. Winardy, S.H., S.I.K., M.Si., ia mengatakan, angka tersebut tidak mungkin didapat tanpa adanya upaya serta kerja keras peternak serta pemangku kebijakan.

Diketahui bahwa sejak mencuat di Aceh, edukasi dan sosialisasi tentang tata cara pencegahan dan penanganan virus terus digalakkan.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Memasak Bubur Asyura Di Acah Nangro Darussalam

Kasatgas Banops Aman Nusa II mengimbau masyarakat untuk tetap aktif melakukan pencegahan PMK di Aceh, mulai dari pembersihan kandang, disinfeksi, dan tidak membiarkan ternak berkeliaran.

"Masyarakat yang mengetahui atau hewan ternaknya sendiri terinfeksi PMK agar segera melaporkannya kepada petugas untuk dilakukan penanganan," ujarnya, Minggu (7/8/2022).

Kepala Bidang Humas Polda Aceh ini juga  mengatakan, pihaknya terus berupaya mencegah penularan dan penyebaran termasuk penanganan penyakit mulut dan kuku yang menginfeksi hewan ternak masyarakat di Aceh. "Upaya penyembuhan dilakukan dengan memberi obat-obatan termasuk penyemprotan disinfektan terhadap kandang serta memberi vaksin kepada hewan ternak yang sehat. Upaya ini memberikan hasil positif," terangnya.

Ditambhakan juga bahwasanya  pihaknya mengedukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat menyangkut tata cara pencegahan dan penanganan agar virus PMK tidak semakin menyebar.

Namun demikian, masyarakat tetap diimbau untuk tetap aktif melakukan pencegahan, seperti pembersihan kandang, disinfeksi, dan tidak membiarkan ternak berkeliaran.***

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

AHY Non Aktifkan Lukas Enembe Selaku Ketua DPD Demokrat

Jumat, 30 September 2022 | 20:24 WIB
X