Indonesia – Kamboja Sepakati Kerja Sama Bilateral Di Sektor Pariwisata

- Rabu, 19 Januari 2022 | 18:54 WIB
Sandiaga memaparkan, Kemenparekraf di bawah instruksi langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan fokus serta langkah yang tepat sasaran dan terukur untuk rencana pemulihan pariwisata
Sandiaga memaparkan, Kemenparekraf di bawah instruksi langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan fokus serta langkah yang tepat sasaran dan terukur untuk rencana pemulihan pariwisata

BERITA NUSRA -- Indonesia dan Kamboja sepakat untuk meningkatkan kerja sama bilateral di sektor pariwisata. Hal ini ditandai dengan penandatanganan  Memorandum Saling Pengertian atau MoU Kerja Sama Pariwisata.

Adapun penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta dan Menteri Pariwisata Kamboja, Thong Khon di Sihanoukville, Selasa (18/1/2022).

“Saya mengapresiasi bahwa kerja sama bilateral antara Indonesia dan Kerajaan Kamboja semakin kuat. Ini juga menegaskan bahwa kedua negara berkomitmen untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata untuk kesejahteraan rakyat dan sebagai bagian dari masalah pemulihan ekonomi nasional,” ujar Menparekraf RI Sandiaga Uno sesuai acara. 

Baca Juga: Menengok terobosan Konsep Pariwisata Pentahelix di Lombok Timur

Diketahui Nota kesepahaman itu,  merupakan pembaruan MoU Bidang Pariwisata yang sebelumnya telah disepakati kedua negara pada 16 Maret 1999. Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini, menunjukkan komitmen kedua negara dalam melanjutkan kerja sama serta mempererat tali persahabatan yang telah terjalin, khususnya di bidang pariwisata dan budaya.

Nota Kesepahaman ini menitikberatkan pada bidang kerja sama yaitu Kerja Sama Promosi dan Pemasaran Pariwisata, Pengelolaan Destinasi Pariwisata, Kerja Sama Sektor Swasta, Capacity Building, MICE, serta Kerja Sama Event dan Konektivitas.

Sandiaga Uno memaparkan, Kemenparekraf di bawah instruksi langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan fokus serta langkah yang tepat sasaran dan terukur untuk rencana pemulihan pariwisata Indonesia secara keseluruhan. Persiapan telah dilakukan dengan cara yang ketat namun penuh perhatian untuk memastikan keamanan dan ketenangan pikiran pengunjung begitu mereka kembali ke Indonesia.

Baca Juga: Bangkitkan Pariwisata, Esok Dispar Lobar Gelar The Beautiful Bride Of Sasak Lombok di Jayakarta Hotel

“Dengan mengikuti ASEAN Tourism Forum (ATF) 2022, Indonesia yakin dapat mempertahankan posisinya sebagai top of mind bagi pembeli sebagai tujuan wisata kelas dunia,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Sumber: Setkab RI/Kepresidenan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terkait Penundaan Pemilu 2024, Ini sikap Presiden Jokowi

Minggu, 27 Februari 2022 | 18:14 WIB

Oknum Debt Kolektor Pukul Ketua Umum KNPI Harris Pertama

Selasa, 22 Februari 2022 | 19:43 WIB

Pemerintah Kembali Luncurkan Kartu Pra Kerja 2022

Jumat, 18 Februari 2022 | 19:47 WIB

Terpopuler

X