• Rabu, 1 Desember 2021

Diduga Ada Salah Kelola Anggaran, Pengelola STAHN Mpu Kuturan Dilaporkan Ke Irjen Kemenag RI

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 20:06 WIB
Kantor kemenang RI (Berita Nusra)
Kantor kemenang RI (Berita Nusra)

BERITANUSRA.COM – Adanya Dugaan Penyimpangan pengelolaan Anggaran oleh salah satu Kampus di Singaraja mendapat reaksi dari publik. Berdasarkan data yang diterima redaksi bahwa sejak 2020 silam, pengelola kampus STHAN Mpu Kuturan di Laporkan ke Irjen Kemenag RI.

Meski Kasus ini sudah ditangani oleh Kejaksaan Negeri Singaraja. sekitar bulan Januari 2020, oleh Kejari Buleleng digelar penyelidikan dugaan Pungutan Liar melalui POM di lingkungan STAHN Mpu Kuturan Singaraja dengan petunjuk awal total kerugian atas pungutan dimaksud mencapai sekitar Rp.900.000.000.

Atas dugaan itu, Kejari mengeluarkan legal opinion  dimana STAHN Mpu Kuturan Singaraja melalui surat bernomor: P-1168/Sth.03/HM.00/05/2020 tertanggal 05 Juni 2020.

Dan akhirnya dilaksanakan serah terima  dana pungutan POM sebesar Rp.418.264.000 yang diserahkan Ketua Pengurus POM kepada Ketua BEM dan Ketua Senat Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Singaraja.

Karena tidak adanya, kepastian pengelolaan tersebut akhirnya pihak pengelo STHN Mpu Kuturan dilaporkan ke Inspektur Jendral Kemenang RI pada 8 Juni 2020 lalu.

Tujuannya antara lain, agar Inspektorat Melakukan pemeriksaan (audit) khusus atas pengelolaan dan penggunaan dana mahasiswa melalui pungutan POM terhitung sejak tahun 2016 hingga 2019.

Kedua adalah untuk memenuhi azas kepastian hukum, transparansi dan akuntable bahwa benar sisa dana POM yang diserah terimakan oleh pengurus POM kepada Ketua BEM dan Ketua Senat Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan adalah sebesar Rp.418.264.000.

Ketiga, Menyelidiki pengelolaan serta penggunaan Dana tersebut agar tidak tumpang tindih dengan anggaran yang dialokasikan kebenaran peruntukan penggunaan dana POM adalah benar untuk pemenuhan kebutuhan mahasiswa.

Garis merah dari pengembalian dana audit ini menurut sumber beritanusra.com, adalah Agar Inspektur Jendral kemenag Ri agar segara turun melakukan Audit pengelola Kampus STHAN Mpu Kuturan agar tidak merugikan mahasiswa.

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X