• Selasa, 29 November 2022

Kurangi Krisis Pangan Global, Tiga Kapal Pengangkut Gandum Ukraina Berangkat Ke Turki

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:28 WIB
3 Kapal Gandum Ukraina di Istambul Turki
3 Kapal Gandum Ukraina di Istambul Turki

beritanusra.com (Istanbul) -- Tiga kapal lagi dengan biji-bijian telah meninggalkan pelabuhan Ukraina dan menuju ke Turki untuk diperiksa, kementerian pertahanan Turki mengatakan Jumat, bukti bahwa kesepakatan yang didukung PBB sedang bekerja untuk mengekspor biji-bijian Ukraina yang telah terperangkap oleh invasi Rusia.

Ketiga kapal tersebut memuat lebih dari 58.000 ton jagung. Sebagian besar biji-bijian yang diekspor Ukraina digunakan sebagai pakan ternak, kata para ahli.

Ukraina adalah salah satu lumbung pangan utama dunia dan stok biji-bijian yang terperangkap  sebabkan harga pangan dan meningkatkan kekhawatiran akan krisis kelaparan global.

Baca Juga: Antisipasi Perang Masa Depan, Korea Selatan Bergabung Operasi Khusus Ke Bulan

Keberangkatan kapal-kapal itu terjadi setelah pengiriman biji-bijian pertama sejak dimulainya perang meninggalkan Ukraina awal pekan ini. Kapal itu melintasi Laut Hitam di bawah kesepakatan masa perang terobosan dan lulus inspeksi Rabu di Istanbul dan kemudian menuju ke Lebanon.

Kapal-kapal yang berangkat Jumat dari Ukraina adalah dari lebih dari selusin kapal pengangkut curah dan kapal kargo yang telah dimuati dengan biji-bijian dan terjebak di pelabuhan-pelabuhan di sana sejak dimulainya invasi Rusia pada akhir Februari.


Sementara puluhan ribu ton biji-bijian sekarang keluar dengan pengiriman terbaru ini, itu masih sebagian kecil dari 20 juta ton biji-bijian yang menurut Ukraina terperangkap di silo dan pelabuhan negara itu, dan yang harus dikirim secara berurutan. untuk memberi ruang bagi panen tahun ini.

Tiga kapal yang meninggalkan pelabuhan Ukraina adalah Polarnet berbendera Turki, membawa 12.000 ton jagung, yang meninggalkan pelabuhan Chornomorsk menuju Karasu, Turki. Navi Star yang berbendera Panama meninggalkan pelabuhan Odesa menuju Irlandia dengan 33.000 ton jagung. Rojen yang berbendera Malta meninggalkan Chornomorsk menuju Inggris dengan membawa lebih dari 13.000 ton jagung, menurut PBB.

PBB mengatakan pusat koordinasi bersama yang mengawasi kesepakatan itu telah memberi wewenang kepada tiga kapal saat operasi meluas, dan juga memeriksa sebuah kapal yang menuju Ukraina.

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X