• Sabtu, 13 Agustus 2022

Ahli Konspirasi AS Alex Jones Didenda Jutaan Dolar Kepada Korban Pembantaian Sandy Hook

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:39 WIB
Alex Jones didenda Atas Pembantain Sandy Hook
Alex Jones didenda Atas Pembantain Sandy Hook

Beritanusra.com (Texas) - Seorang juri Texas pada hari Kamis memerintahkan ahli teori konspirasi Alex Jones untuk membayar lebih dari $ 4 juta - secara signifikan kurang dari $ 150 juta yang dicari - sebagai ganti rugi kepada orang tua anak laki-laki berusia 6 tahun yang terbunuh dalam pembantaian Sandy Hook , menandai pertama kalinya pembawa acara Infowars bertanggung jawab secara finansial karena berulang kali mengklaim penembakan sekolah paling mematikan dalam sejarah AS adalah tipuan.


Juri Austin masih harus memutuskan berapa banyak tuan rumah Infowars harus membayar ganti rugi kepada Neil Heslin dan Scarlett Lewis, yang putranya Jesse Lewis termasuk di antara 20 anak dan enam pendidik yang tewas dalam serangan 2012 di Newtown, Connecticut.


Orang tua telah meminta setidaknya $150 juta sebagai kompensasi atas pencemaran nama baik dan penderitaan emosional yang disengaja. Pengacara Jones meminta juri untuk membatasi kerusakan hingga $8 - satu dolar untuk setiap biaya kompensasi yang mereka pertimbangkan - dan Jones sendiri mengatakan penghargaan apa pun yang lebih dari $2 juta "akan menenggelamkan kita."

Baca Juga: Para Menlu ASEAN Minta China dan Taiwan Redakan Ketegangan Pasca Kunjungan Pelosi


Kemungkinan itu bukan keputusan terakhir terhadap Jones - yang tidak berada di ruang sidang - atas klaimnya bahwa serangan itu dipentaskan untuk meningkatkan kontrol senjata. Seorang hakim Connecticut telah memutuskan melawannya dalam gugatan serupa yang diajukan oleh keluarga korban lain dan agen FBI yang menangani kasus tersebut. Dia juga menghadapi persidangan lain di Austin.

Ahli Konspirasi Alex Jones

Pengacara utama Jones, Andino Reynal, mengedipkan mata pada rekan penasihatnya sebelum meninggalkan ruang sidang. Dia menolak mengomentari putusan tersebut.
Di luar gedung pengadilan, pengacara penggugat Mark Bankston bersikeras bahwa jumlah $ 4,11 juta itu tidak mengecewakan, mencatat itu hanya sebagian dari kerusakan yang harus dibayar Jones.

Juri kembali pada hari Jumat untuk mendengar lebih banyak bukti tentang Jones dan keuangan perusahaannya.
Dalam sebuah video yang diposting di situs webnya Kamis malam, Jones menyebut pengurangan penghargaan sebagai "kemenangan besar."

“Saya akui saya salah. Saya mengakui itu adalah kesalahan. Saya mengakui bahwa saya mengikuti disinformasi tetapi tidak dengan sengaja. Saya meminta maaf kepada keluarga. Dan juri mengerti itu. Apa yang saya lakukan pada keluarga itu salah. Tapi saya tidak sengaja," katanya.

 

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Sumber: Arab News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekjen PBB Tekankan Denuklirisasi Di Semanjung Korea

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:57 WIB

Harga Minyak Dunia Baik, Harga Emas Turun Tipis

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:17 WIB
X