• Sabtu, 13 Agustus 2022

Para Menlu ASEAN Minta China dan Taiwan Redakan Ketegangan Pasca Kunjungan Pelosi

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:37 WIB
ASEAN dan Ketua DPR Amerika Serikat Membicarakan Situasi dan Kondisi di Asia Tenggara
ASEAN dan Ketua DPR Amerika Serikat Membicarakan Situasi dan Kondisi di Asia Tenggara

beritanusra.com -- Para menteri luar negeri Asia Tenggara mendesak pengekangan pada Kamis ketika China menyiapkan latihan militer besar-besaran di Taiwan, memperingatkan situasi yang berisiko meningkat menjadi “konflik terbuka.”


Beijing yang marah sedang merencanakan latihan terbesarnya di sekitar Taiwan sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.


Para menteri dari pertemuan 10 anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Phnom Penh memperingatkan terhadap "tindakan provokatif."

Baca Juga: Kemenhan Taiwan: Tembakkan Drone Anti Suar Usir Pesawat UAV Tiongkok

Situasi itu "dapat menyebabkan salah perhitungan, konfrontasi serius, konflik terbuka dan konsekuensi tak terduga di antara negara-negara besar," kata para menteri dalam sebuah pernyataan bersama yang diterbitkan Kamis.


Beijing, yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya untuk suatu hari akan direklamasi, dengan paksa jika perlu, sangat marah dengan perjalanan Pelosi - pejabat AS terpilih dengan profil tertinggi untuk mengunjungi pulau itu dalam 25 tahun.


Itu bersumpah "hukuman" dan mengumumkan latihan militer, termasuk latihan tembakan langsung, yang diperkirakan akan dimulai pada 0400 GMT di beberapa daerah yang mengelilingi Taiwan.

 

Partai berkuasa Taiwan mengatakan pada hari Kamis bahwa latihan militer China telah memicu ketegangan regional dan tidak sah.

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekjen PBB Tekankan Denuklirisasi Di Semanjung Korea

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:57 WIB

Harga Minyak Dunia Baik, Harga Emas Turun Tipis

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:17 WIB
X