Polres Bima Kota Gagalkan Penyelundupan 22 Box Terumbu Karang ke Bali

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 18:57 WIB
Rencananya, terumbu karang yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi itu akan dikirim ke Denpasar Bali.
Rencananya, terumbu karang yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi itu akan dikirim ke Denpasar Bali.

Beritanusra.com | Aksi penyelundupan terumbu karang berhasil digagalkan oleh Tim Puma II Polres Bima Kota. Dan penyelundupan terumbu karang ilegal (tidak memiliki izin) terjadi di Desa Mawu Kecamatan Ambalawi, Bima, pada Jumat (28/10).


Dalam pemeriksaan ditemukan, sebanyak 22 box berisi terumbu karang yang diangkut sebuah mobil pikap berhasil disita. Rencananya terumbu karang itu akan diselundupkan atau dikirim ke wilayah Denpasar, Bali.

Atas dugaan penyelundupan itu , Polres Bima menyita puluhan box terumbu karang dan sekaligus mengamankan sopir inisial KH (44) dan AW (45) warga Desa Bajo Pulau Kecamatan Sape Kabupaten Bima.

Hal ini disampaikan oleh Kasubag Humas Polres Bima Kota, Iptu Jufrin, mengatakan pengungkapaan kasus itu bermula dari pihaknya mendapati informasi ada sebuah mobil pikup yang diduga mengangkut terumbu karang tidak memiliki surat atau izin resmi. Untuk mengelabui petugas, terumbu karang ditutup dengan menggunakan tumpukan box ikan.

Baca Juga: Tim Puma 1 Sat Reskrim Polres Bima Kota Bekuk Ayah Tiri Setubuhi Anak Dibawah Umur
“Saat diperiksa, pemilik tidak dapat menunjukan dokumen atau izin resmi terkait kepemilikan 22 box yang berisi terumbu karang itu. Keduanya mengaku, box terumbu karang ini berasal dari perairan Sape dan sekitarnya dan akan di bawa ke Provinsi Bali,” katanya.

Untuk saat ini, sopir dan pemilik terumbu karang sudah di ruang Sat Reskrim Polres Bima Kota. Sedangkan, barang bukti terumbu karang sudah di serahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

upaya penyelundupan terumbu karang ilegal pada Jumat (28/10)  pukul 04.30 Wita. Rencananya, terumbu karang yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi itu akan dikirim ke Denpasar Bali.


Iptu Jufri menjelaskan, upaya penggagalan itu dilakukan di jalan lintas Wera-Sape tepatnya di Desa Mawi, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, NTB. Terumbu karang tersebut dikemas ke dalam 22 box dan berjumlah seribu terumbu karang, yang diangkut menggunakan mobil pikap menuju bali.

 Baca Juga: 83 Kasus Narkoba Selama Tahun 2021, Diungkap Polres Bima Kota

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cekcok, Cemburu, Habisi Nyawa Istri Yang Sedang Lelap.

Selasa, 1 November 2022 | 12:27 WIB
X