• Selasa, 29 November 2022

Kasus LPD Anturan, Bahan Pembelajaran Kejari Lakukan Pembinaan dan pengawasan LPD di Buleleng

- Rabu, 28 September 2022 | 21:06 WIB
Pembinaan LPD: Eksistensi hadirnya LPD semata-mata untuk mensejahterahkan masyarakat adat. (Kasie Intel Kejari  AA. Ngurah Jayalanyara}
Pembinaan LPD: Eksistensi hadirnya LPD semata-mata untuk mensejahterahkan masyarakat adat. (Kasie Intel Kejari AA. Ngurah Jayalanyara}

 

Beritanusra.com ( Buleleng-Bali) -- Kasus LPD yang mencuat serta jadi perhatian publik salah satunya Lembaga Pengkreditan Rakyat (LPD) Anturan dengan nilai mecapai ratusan miliar. Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini menaungi seluruh LPD yang ada di Kabupaten Buleleng memberikan pembinaan dalam rangka menghindari kejadian LPD bermasalah yang serupa serta mengoptimalkan kinerja LPD guna kesejahteraan masyarakat adat.

"LPD dibentuk berdasarkan SK Gubernur Bali dan LPD hadir karena regulasi yang diciptakan oleh Pemerintah Provinsi Bali. Eksistensi hadirnya LPD semata-mata untuk mensejahterahkan masyarakat adat" tutur Anak Agung Ngurah Jayalantara, S.H., M.H. Kasi Intel Kejari Buleleng, Rabu (28/09).

Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menggandeng Kejaksaan Negeri Buleleng untuk mengawal dan memberikan pembinaan kepada LPD se-Kabupaten Buleleng.

Adapun Kegiatan pembinaan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 26 September 2022 hingga tanggal 3 Oktober 2022 dengan menjangkau seluruh pengurus LPD dan Bendesa Adat yang ada di 9 (sembilan) kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Baca Juga: Proses Diversi Anak Berhasil Dilakukan Pihak Kejari Buleleng Tanpa Syarat

Anak Agung Ngurah Jayalantara, S.H., M.H. memberikan penerangan hukum untuk melakukan pembinaan kepada LPD di wilayah Kecamatan Buleleng yang berjumlah sekitar 21 LPD hadir.

"Banyaknya LPD yang bermasalah saat ini memang dikarenakan lemahnya pengawasan Bendesa adat dan Tim pengawas serta terkadang LPD melakukan usaha melebihi dari yang seharusnya" ungkapnya

Menurutnya bahwa LPD dibentuk berdasarkan SK Gubernur Bali dan LPD hadir karena regulasi yang diciptakan oleh Pemerintah Provinsi Bali. Eksistensi hadirnya LPD semata-mata untuk mensejahterahkan masyarakat adat. 

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cekcok, Cemburu, Habisi Nyawa Istri Yang Sedang Lelap.

Selasa, 1 November 2022 | 12:27 WIB
X