• Selasa, 29 November 2022

Proses Diversi Anak Berhasil Dilakukan Pihak Kejari Buleleng Tanpa Syarat

- Rabu, 28 September 2022 | 18:04 WIB
Dan hasilnya sepakat untuk musyawarah mufakat saling memaafkan dan berdamai serta menyelesaikan penanganan perkaranya di luar proses peradilan tanpa syarat dari pihak korban
Dan hasilnya sepakat untuk musyawarah mufakat saling memaafkan dan berdamai serta menyelesaikan penanganan perkaranya di luar proses peradilan tanpa syarat dari pihak korban

Beritanusra.com (Bali) -- Dalam penanganan perkara perkelahian / penganiayaan yang melibatkan antara pelaku anak KNM (15 tahun) dengan saksi korban yaitu IGP (33 tahun) yang terjadi di Desa Kaliasem.

Pada hari Jumat tanggal 04 Maret 2022 pukul 23.00 wita Tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Buleleng telah berhasil melaksanakan Diversi antara pelaku anak dan saksi korban.

Dalam proses Diversi (pengalihan penyelesaian perkara anak yang berkonflik dengan hukum dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana) yang dilaksanakan di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Buleleng tersebut, kedua belah pihak yaitu pelaku anak KNM yang didampingi oleh orangtuanya.

Baca Juga: Dibawa Kabur Dari Sekolah dan  Dicabuli di Hotel oleh Wayan S, Siswi SMP Mengandung Dua Bulan

Dan saksi korban IGP (yang saat ini sedang ditahan di Lapas Klas IIB Singaraja) telah melaksanakan proses diversi secara virtual dengan disaksikan langsung oleh Kasi Pidum (Made Sutapa, SH) dan Jaksa Penuntut Umum Kejari Buleleng (Gusti Putu Karmawan SH dan Ida Kade Widiatmika SH), Petugas dari Bapas Denpasar, KPPAD Provinsi Bali, Aparatur Desa Kaliasem, P2TP2A Kabupaten Buleleng, Penasehat Hukum Anak, LBH Apik Bali.

Dan hasilnya sepakat untuk musyawarah mufakat saling memaafkan dan berdamai serta menyelesaikan penanganan perkaranya di luar proses peradilan tanpa syarat dari pihak korban.

Baca Juga: Polri Terus Dalami Kasus Penipuan 351 PMI oleh Agensi

Proses Diversi antara para pihak setelah tercapai musyawarah mufakat untuk berdamai.

Selanjutnya Penuntut Umum akan meminta penetapan Diversi tanpa syarat ke PN Singaraja terhadap anak KNM dalam perkara melanggar Pasal 351 ayat (1) KUHP agar perkara tersebut memiliki kekuatan hukum tetap.

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cekcok, Cemburu, Habisi Nyawa Istri Yang Sedang Lelap.

Selasa, 1 November 2022 | 12:27 WIB
X