Pemkab Lombok Timur Optimalkan Pembiayaan UMKM dengan PT. Pegadaian

- Sabtu, 22 Oktober 2022 | 07:00 WIB
Pemkab Lombok Timur Optimalkan Pembiayaan UMKM dengan PT. Pegadaian
Pemkab Lombok Timur Optimalkan Pembiayaan UMKM dengan PT. Pegadaian

Beritanusra.com | Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur memperluas jangakauan program Lombok Timur Berantas Rentenir melalui Kredit Tanpa Bunga (Lotim Berkembang) dengan menyasar UMKM.

Kaitan dengan itu Kamis (20/10) Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy menandatangani Kesepakatan Bersama dengan PT. Pegadaian tentang pemasaran dan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Penandatangan PKS diikuti penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM dengan Deputi Bisnis PT. Pegadaian Area Ampenan.

Baca Juga: Bhayangkari Kota Bima Lakukan Tatap Muka Di Polsek Rastim-Bima

Sebelum melakukan penandatangan, Bupati menyampaikan harapan agar dana Rp. 1 milyar yang disiapkan Pemda untuk pembayaran bunga pinjaman tersebut dapat segera dituntaskan sesuai target.

Namun begitu, Bupati menyadari waktu tersisa hingga akhir tahun tidaklah cukup. Karenanya ia meminta anggaran yang tidak terserap dapat dianggarkan kembali pada APBD 2023 mendatang.

Menurut Bupati kerja sama penyaluran KUR Lotim Berkembang untuk UMKM ini hanya dengan Pegadaian.

Bupati Sukiman tetap mendorong PT. Pegadaian dapat merealisasikan pinjaman kepada UMKM secara optimal. Karena itu ia meminta PT Pegadaian menyederhanakan mekanisme penyaluran kredit dan tidak mempersulit masyarakat pemohon.

Verifikasi berkas permohonan diminta Bupati juga dilakukan Pegadaian. Diharapkan, dengan semakin banyak masyarakat terlayani gairah masyarakat berusaha meningkat, seiring peningkatan perekonomian mereka. Keberhasilan tersebut juga praktis akan memudahkan mereka menjalankan kewajiban pelunasan KURnya.

Halaman:

Editor: IGN Alit Kertarahaja

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Subsidi Pupuk di Lotim Menurun, Petani : Kami Rugi

Minggu, 1 Januari 2023 | 22:59 WIB

PLN Kembangkan Eduwisata Farming di Lombok Barat

Senin, 26 Desember 2022 | 19:08 WIB
X