• Senin, 3 Oktober 2022

Rakor Sinkronisasi Data Pemilih, Ariyani Ungkap Permasalahan Kerentanan Data Penduduk

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:17 WIB
Pucuk Pimpinan KPU dan Bawaslu Bali Bahas Hal Hal strategis Terkait Data Pemilih dan Kependudukan
Pucuk Pimpinan KPU dan Bawaslu Bali Bahas Hal Hal strategis Terkait Data Pemilih dan Kependudukan

Beritanusra.com -- Permasalahan data penduduk kerap kali menjadi bahan gugatan dalam Pemilu maupun Pemilihan, akar permasalahannya adalah jumlah data penduduk yang tidak valid.

 

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Bali, Ketut Ariyani saat menghadiri Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Hasil Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Semester II Tahun 2021 Untuk Sinkronisasi Data, yang diselenggarakan KPU Bali di kantornya, pada Kamis (11/08).

Baca Juga: Bawaslu Provinsi dan KPU Karangasem bertemu, Lakukan Konsolidasi Antar Penyelenggara 

Ketut Aryani juga menyampaikan tidak hanya validitas dari data penduduk saja, namun juga data terkait penyandang disabilitas harus benar – benar menjadi atensi bersama. 

 

Faktanya, saat melakukan sosialisasi di berbagai kesempatan bersama penyandang disabilitas, pihaknya masih banyak menemukan keluhan dari kaum difable, baik fasilitas di TPS dan tidak terdaftarnya mereka sebagai pemilih.

 

“Kerap kali permasalahan terkait dengan data pemilih ini menjadi bahan gugatan dalam Pemilu dan Pemilihan, termasuk data disabilitas yang masih kami temui ketika kami melakukan sosialisasi, Untuk itulah perlu duduk bersama hari ini agar semua pihak mengetahui dan mencari solusi. Karena bagi Bawaslu, adalah kewajiban kami menjaga hak pilih masyarakat,” tegas Srikandi Bawaslu Bali tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konjen Tiongkok Realisasikan Bantuan Kepada BPBD Bali

Jumat, 30 September 2022 | 16:16 WIB

Kijang Innova Terjungkal di Buleleng Akibat Rem Blong

Jumat, 23 September 2022 | 17:58 WIB
X