• Senin, 3 Oktober 2022

Bawaslu Bali Himbau Parpol Agar Keanggotaannya tidak Memasukkan ASN dan TNI-Polri

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:06 WIB
Bawaslu Menekankan Parpol Peserta Pemilu Tidak Melibatkan ASN dan TNI/Polri
Bawaslu Menekankan Parpol Peserta Pemilu Tidak Melibatkan ASN dan TNI/Polri

beritanusra.com - Keanggotaan partai politik (Parpol) menjadi salah satu fokus pengawasan Bawaslu pada tahapan pendaftaran partai politik yang telah berlangsung dari tanggal 1 hingga 14 Agustus 2022.

Bawaslu ingin memastikan keanggotaan parpol tersebut tidak memiliki pekerjaan yang tidak seharusnya, misalnya ASN, ataupun TNI/Polri.

Bawaslu Provinsi Bali I Ketut Sunadra menyampaikan itu dalam rapat penyelesaian sengketa proses tahapan pendaftaran dan verifikasi Peserta Pemilu yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Bangli di Kantor Bawaslu setempat, Selasa (09/08).

Baca Juga: Bawaslu Bali dan Gianyar Sosialisasikan Hak Disabilitas Dalam Perhelatan Pemilu 2024

Sunadra menjelaskan, pada proses pendaftaran parpol bakal calon peserta Pemilu Serentak 2024 ini, KPU memanfaatkan Sipol sebagai basis data pendaftaran.

Menurutnya, dokumen pendaftaran yang diserahkan parpol ke KPU dapat dinyatakan lengkap ketika sesuai dengan yang telah diinput ke sistem informasi partai politik (Sipol).

"Namun untuk akurasi data atau dokumen pendaftaran yang sudah diserahkan ke KPU, tentunya perlu adanya pengawasan soal pekerjaan anggota parpol pada saat dilaksanakan verifikasi faktual,"ungkap Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Bali itu.

Ketika mengacu pada Pasal 32 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Serentak 2024, diatur mengenai tujuan dilaksanakannya verifikasi administrasi.

Bahwa dalam verifikasi administrasi dilakukan untuk membuktikan tidak terdapat anggota parpol yang berstatus sebagai anggota TNI, anggota Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), penyelenggara Pemilu, kepala desa, atau jabatan lainnya yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan.

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konjen Tiongkok Realisasikan Bantuan Kepada BPBD Bali

Jumat, 30 September 2022 | 16:16 WIB

Kijang Innova Terjungkal di Buleleng Akibat Rem Blong

Jumat, 23 September 2022 | 17:58 WIB
X