• Sabtu, 13 Agustus 2022

Bawaslu Bali dan Gianyar Sosialisasikan Hak Disabilitas Dalam Perhelatan Pemilu 2024

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:12 WIB
Bawaslu Bali dan Gianyar Lakukan Soisali Pemilih Disabilitas
Bawaslu Bali dan Gianyar Lakukan Soisali Pemilih Disabilitas

 

beritanusra.com -- Prinsip dasar dalam berdemokrasi menjunjungi tinggi kesetaraan nilai-nilai hak asasi manusia diantaranya penyandang disabilitas. Dasar tersebut membuat Bawaslu berupaya memberikan pemahaman tentang Pemilu kepada penyandang disabilitas sebagai bentuk kesetaraan dalam berdemokrasi tersebut, terang Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Wayan Widyardana Putra, pada kegiatan rapat Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan kepada Disabilitas.

Acara yang juga dihadiri oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar, Ni Made Suniari Siartikawati dan I Wayan Gede Sutirta serta Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Gianyar, dan Pengurus Yayasan Bhakti Senang Hati, Kamis (04/08) di Bawaslu Kabupaten Gianyar.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Bali tersebut juga menyampaikan bahwa permasalahan fasilitasi untuk penyandang disabilitas dalam Pemilu menjadi perhatian penting dan Bawaslu sebagai lembaga Pengawas harus memastikan agar hak, fasilitas dan akses setiap warga negara dalam Pemilu dapat terpenuhi terkhusus untuk penyandang disabilitas.

Baca Juga: Menuju Pemilu 2024, Bawaslu dan KPU Bali Inventarisir Potensi Sengketa Proses Pemilu

“Oleh karena itu Bapak/Ibu kami (Bawaslu) ingin mendapatkan informasi terkait jumlah, sebaran,dan golongan disabilitasnya, jika data tersebut sudah kami dapatkan, maka kami akan melakukan pemetaan dan merekomendasikan kepada KPU agar disaat pemungutan suara, teman-teman disabilitas dapat difasilitasi dan menggunakan hak pilihnya dengan nyaman,” ungkap Widy.


Lebih lanjut sebagai bentuk komitmen bersama untuk memfasilitasi penyandang disabilitas dalam Pemilu, Widy meminta masukan terkait metode untuk melakukan sosialisasi pemahaman kepemiluan dengan para penyandang disabilitas.

“Untuk Pemilu yang lebih baik kedepannya mari bersama dan berikan kami masukan terkait metode untuk kami melakukan sosialisasi kepada penyandang disabilitas”,imbuhnya.


Menanggapi hal tersebut Wakil Kepala Sekolah SLB Negeri 1 Gianyar, Sri Wahyuni menyampaikan masukan pada saat melakukan sosialisasi kepada penyandang disabilitas agar dapat disesuaikan dengan kondisi keterbatasan penyandang disabilitas tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dewa GR di Tahan di LP Kerobokan 20 Hari Kedepan.

Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:54 WIB
X