• Sabtu, 13 Agustus 2022

Polres Buleleng Kedepankan Program Sipandu Beradat Dalam Selesaikan Konflik Antar Warga

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:40 WIB
Polres Buleleng Mengedepankan Program Sipandu Beradat Dalam Selsaikan Berbagai Konflik
Polres Buleleng Mengedepankan Program Sipandu Beradat Dalam Selsaikan Berbagai Konflik

beritanusra.com -- Dalam penyelesaian kasus perkelahian warga di Buleleng Bali, contohnya penyelesaian kasus pemukulan yang terjadi pada Kamis (29/06) di TKP Panji dan Pada Minggu (31/07) di Desa Bondalem, Buleleng Bali mengedepankan program sipandu beradat.

Seperti yang disampaikan Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Sumarjaya bahwa, Di TKP Desa Panji, Bhabinkamtibmas Desa Panji Nyoman Wijaya dengan melibatkan Kelian Banjar Adat Nyoman Semita, Kelian BD Dewa Putu Darma Sujati, Babinsa Serka Komang Karya dan perbekel, dengan memanggil para pihak.

Diketahui awalnya, Korban Gede Bayu sedang berada di kios miliknya sendiri, kemudian datang Gede Githa Lesmana dan langsung melakukan pemukulan dan dibantu Wayan Sarjana (orang tua Gede Githa Leasmana), namun dilerai oleh Pendeta Made Astika yang merupakan orang tua korban.

Dengan permasalahan tersebut pada hari Minggu (31/07) pukul 14,00 wita, dilakukan pertemuan untuk dilakukan musyawarah mufakat.

Akhirnya disepakati perdamaian dengan adanya permohonan maaf dari Gede Githa Lesmana dan Wayan Sarjana terhadap korban Gede Bayu, dan permintaan maaf dan dilampiri Surat Damai dan tidak dilanjutkan kejalur hukum.

Baca Juga: Diantarkan Krama Adat, Besok Jro Warkadea penuhi Panggilan Polres Buleleng


Bhabinkamtibmas Desa Panji Aiptu Nyoman Wijaya, atas seijin Kapolsek Sukasada Kompol Made Agus Dwi W, S.H., M.H., menyampaikan, sepanjang ada kesepakatan dari kedua belah pihak dan adanya pernyataan untuk terlapor tidak mengulangi lagi perbuatannya serta adanya permintaan maaf kepada korban dan dimaafkan oleh korban, maka permasalahan tersebut dapat diselesaikan menggunakan Sipandu Beradat.


Sedangkan di TKP Bondalem Kecamatan tejakula, Kasus Pemukulan dilakukan Ketut Catur dan Ketut Sugiarta terhadap korban Made Surawan yang terjadi pada hari Minggu tanggal 31 Juli 2022, karena masalah ketersinggungan saja.

Polres Buleleng Mengedapankan Program Sipandu beradat dalam selsaikan konflik

Halaman:

Editor: Muhammad Zulkipli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dewa GR di Tahan di LP Kerobokan 20 Hari Kedepan.

Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:54 WIB
X